Main Article Content

Shofiatun Nazah
Bagus Ardi Saputro

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III C SD Islam Almadina Semarang dengan menerapkan model PBL berbantuan media audio visual. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas III C SD Islam Almadina. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini juga terdapat dua variabel, variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah model PBL berbantuan media audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan dalam mengamati proses pembelajaran yang dilakukan siswa, wawancara dengan peserta didik dilakukan untuk mengetahui minat peserta didik terhadap pembelajaran yang berlangsung, sedangkan tes dilakukan untuk dapat mengukur kemampuan peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menyebutkan hasil belajar peserta didik kelas III C meningkat pada siklus I dan siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal 57,14% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 82,14%. Peningkatan hasil belajar peserta didik disebabkan oleh adanya penerapan model PBL berbantuan media audio visual yang memberikan pembelajaran bermakna dan menumbuhkan rasa semangat bagi peserta didik.

Article Details

References
AlperAslan. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers & Education, 171, 104237.
Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD SLB TK. Bandung: Yrama Widya.
Hidayati, W., Tarbiyah, F., State, T., & Kalijaga, S. (2016). Implementation of Curriculum 201 In Primary School Sleman Yogyakarta, 6(2), 6–12. https://doi.org/10.9790/7388-0602020612
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1).
Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidik Guru Sekolah Dasar, 1 (1), 3.456-3.46
Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mungzilina, A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.
Narti, Y., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Dwiyogo, W. D. (2016). Thematic Learning Implementation in Elementary School (Phenomenology Studies in Pamotan SDN 01 and 01 Majangtengah Dampit Malang). International Journal of Science and Research, 5(11), 1849–1855. https://doi.org/10.21275/ART20163223
Putri, A. A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21-23.
Ratnasari, A. D., Wahyudi, W., & Permana, I. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 261-266.
Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1). 75-81.
Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara