Main Article Content

Anang Hadi Cahyono
Vit Ardhyantama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan literasi baca tulis pada siswa sekolah dasar, khususnya di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan proses pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, siswa, guru, dan petugas perpustakaan sekolah. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yang sudah terkumpul. Data diolah dengan melakukan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pengembangan literasi anak pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan dikelola oleh perpustakaan dengan bekerjasama bersama guru kelas, ekstra dan walimurid. Pengembangan literasi dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan didukung oleh kegiatan ekstrakulikuler. Adapaun kegiatan yang dilakukan untuk mendukung literasi diantaranya adalah membaca 15 menit sebelum pembelajaran, menceritakan kembali bacaan yang sudah dibaca di rumah, pojok baca dalam kelas, perlombaan literasi, kunjungan ke perpustakaan daerah dan sebagainya. Perhatian khusus diberikan kepada siswa yang rendah kemampuan literasinya dengan memberikan kesempatan mewakili kelas dalam perlombaan literasi, hal ini dilakukan agar kepercayaan diri dalam diri anak bisa ditumbuhkan.

Article Details