Main Article Content

Erika Rahayu Erika
Mudzanatun Mudzanatun
Eko Prasetya

Abstract

Penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi fokus penelitian yang semakin berkembang dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SDN Sambirejo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan minat, motivasi, interaksi dan pemahaman peserta didik. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan media gambar berseri dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan mendukung dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Article Details

References
Aisah, S. (2019). Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 165-171.
Al-Hafizh, A. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif: Menjawab Tantangan Pembelajaran Abad ke-21. Jakarta: Prenada Media
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Paudia, 9(2), 119-129.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). E-learning and The Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. John Wiley & Sons.
Herawati. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan media belajar monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 10-15.
Mayer, R. E. (2014). ‐Based Principles for Designing Multimedia Instruction. Copyright and Other Legal Notices, 59.
Muflihah. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 121-132.
Renza. (2022). The Effectiveness of Serial Image Media in Learning. Journal of Educational Research, 20(3), 445-451.
Santoso, A.B (2018). Penerapan Media Bergambar Seri dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 3 Kebonagung Kecamatan Baturraden. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 7(1), 12-20.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective. Pearson Education, Inc.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Widodo. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78-85.
Yani, D., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1-7.