ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN SAMBIREJO 02 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi fokus penelitian yang semakin berkembang dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SDN Sambirejo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan minat, motivasi, interaksi dan pemahaman peserta didik. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan media gambar berseri dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan mendukung dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Article Details
Al-Hafizh, A. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif: Menjawab Tantangan Pembelajaran Abad ke-21. Jakarta: Prenada Media
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Paudia, 9(2), 119-129.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). E-learning and The Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. John Wiley & Sons.
Herawati. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan media belajar monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 10-15.
Mayer, R. E. (2014). ‐Based Principles for Designing Multimedia Instruction. Copyright and Other Legal Notices, 59.
Muflihah. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 121-132.
Renza. (2022). The Effectiveness of Serial Image Media in Learning. Journal of Educational Research, 20(3), 445-451.
Santoso, A.B (2018). Penerapan Media Bergambar Seri dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 3 Kebonagung Kecamatan Baturraden. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 7(1), 12-20.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective. Pearson Education, Inc.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Widodo. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78-85.
Yani, D., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1-7.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.