PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SD SUPRIYADI SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Motivasi utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat membantu peserta didik kelas I di SD Supriyadi pada mata pelajaran matematika dalam meningkatkan kinerja peserta didik di kelas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 peserta didik, 10 peserta didik perempuan dan 17 peserta didik laki-laki kelas I SD Supriyadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menilai nilai tes dan hasil belajar peserta didik guna menyusun data. Ketuntasan hasil belajar peserta didik siklus 1 sebesar 52% dengan rata-rata kelas 65, menurut penelitian masuk dalam kategori kriteria ketuntasan yang memerlukan pengarahan. Siklus 2 dengan rata-rata kelas keseluruhan sebesar 80, maka 78% hasil belajar siklus 2 tuntas, memenuhi kriteria ketuntasan sangat baik. Setelah melihat hasilnya, peneliti sampai pada kesimpulan bahwa paradigma pembelajaran PBL membantu peserta didik kelas I SD Supriyadi dalam meningkatkan nilai matematika.
Article Details
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Mayasari, A., Rifudin, O., & Eri Juliawati. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Tahsinia, 3(2).
Mila Juniyati. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Tema 2 Di SDN 1 Kayuombo. Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan, Kota Bandung.
Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat dan Proses Pembelajaran. Academiy of Education Journal, 5(2), 622–634.
Ramadhan, I., & Warneri. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 751–758.
Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49–55.
Widiastuti, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan dalam Penjumlahan Materi dan Pengurangan Bilangan Sampai Angka 20 dengan Menggunakan Permainan Bola Keranjang Siswa Kelas I SD Negeri Kaliangkrik. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1323–1336.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.