Main Article Content

Hesti Malinda Masturi
Filia Prima Artharina
Martatik Martatik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas 1 SDN Pandeanlamper 03 Semarang melalui pemanfaatan penggunaan media wordwall. Subyek penelitian yang digunakan adalah kelas 1 yang berjumlah 28 anak. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II berdasarkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas. Pada siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan melalui pengumpulan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan : Terjadi peningkatan hasil belajar matematika kelas 1 SDN Pandeanlamper 03 Semarang dimana rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus 1 berkisar 64% menjadi 82% pada siklus II dengan kategori sangat baik dan melebihi kriteria ketuntasan. Pembelajaran dikelas juga meningkat terlihat dari peningkatan rasa semangat dan fokus memperhatikan ketika pembelajaran berlangsung.

Article Details

References
Ann Cutler & Rudolph Mc Shane. (1995). Sistem Kilat Matematika Dasar Metode Trachtenberg. Jakarta: Rosda Jayaputra.
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133.
Depdiknas. (2007). Rencana strategis Departemen
G. Hamdu and L. Agustina, “Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan. vol 12, no. 1, pp. 90-96, 2011.
Hidayat, A., Zulhendri, & Casandra, B. (2021). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika di SDN 012 Kp. Panjang Airtiris. Journal on Education, 4(1), 1–6.
Istiqomah., Nisa, A. F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Unsur-Unsur Lingkaran melalui Penerapan Wordwall pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Setrojenar. Prosiding Seminar Nasional Transformasi Pendidikan di Era Society 5. 0, 1(1). 1-9. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/dsemnasdik/article/view/679/337.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70.
Nissa, F. Z & N. Renoningtyas. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu.
Pranata, I. P. W., Agung, A. A. G., dan Jampel, I. N. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII. Mimbar Ilmu. 4(1): 122–130
Rahmawati, D., Nisa, A., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335
Triyani, R. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40-49.
Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MAN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83
Walidah, G. N., A. Mudrikah., dan Samnur, S. 2022. Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Wordwall Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. UJMES: Uninus Jurnal of Mathemathics Education and Science. 7(2): 105-115.
Widowati, P. N., Efriyana, T., Pratiwi, Y. D., & Lukas, S. (2022). Mengukur Kemampuan Berhitung melalui Metode Fun Game Wordwall pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2957–2964.