Main Article Content

Ema Tri Sumarno
Filia Prima Artharina
Estiyani Estiyani

Abstract

Permasalahan yang muncul ketika pembelajaran di kelas yaitu salah satunya rendahnya kemampuan kolaborasi di kelas V SD Negeri Pandeanlamper 03 pada saat pembalajaran terutama pada saat diskusi. Hal tersebut terlihat ketika obesevasi dan praktik mengajar pra siklus, banyak siswa yang kurang berdiskusi mengerjakan tugas kelompoknya, mereka hanya bergantung pada temannya, kurang bertanggung jawab, kurang menghargai terhadap pendapat temannya, berbicara dan bermain sendiri. Sehingga peneliti ingin menggunkan model Problem Based Lerarning untuk meningkatkan kemampuan kolaboratif kelas V SD Negeri Pandeanlamper 03. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil menunjukan pada pra siklus, kemampuam kolaborasif siswa dalam kategori “Kurang” dengan presentase 47%. Sehingga dilakukan 2 siklus selanjutnya yaitu siklus I dengan peningkatan menjadi kategori “Cukup” dengan presentase 67% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan kategori “Baik” dengan presentase 83. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berdampak dalam kemampuan untuk meningkatkan kolaboratif siswa kelas V SD Negeri Pandeanlamper 03.

Article Details

References
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Sari, R. N. (2023). Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Tata Surya. LAMBDA: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(1), 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.58218/lambda.v3i1.550
Mansur, N. R., Ratnasari, J., & Ramdhan, B. (2022). Model STEAM Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Kreativitas Peserta Didik:(STEAM Model Collaboration Ability And Creativity of Students). BIODIK, 8(4), 183–196. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19123
Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika untuk pokok bahasan Vektor siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia, 10(1), 1-11.
Azzahra, F. P., & Sopiany, H. N. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menurut Teori Konstruktivisme Ditinjau dari Gaya Belajar. Radian. Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2(1), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i1.7155
Winarsih, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 1 Wonokromo. Sangkalemo: The. Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 16–23. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7576
Garnjost, P., & Brown, S. M. (2018). Undergraduate business students’ perceptions of learning outcomes in problem based and faculty centered courses. International Journal of Management Education, 16(1), 121–130. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.004.
Mones, A., & Irawati, D. (2023). PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PERSPEKTIF PROGRESIVISME DAN KONSTRUKTIVISME. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1). Retrieved from https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/siptek/article/view/189
Istikomah, D., Salafiah, A. S., Nurjanah, E., Ropikoh, E. S., & A’ini, S. N. (2023). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(3), 244–255.
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87.

Kurnia, I. R., & Mukhlis, S. (2023). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 209–216. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4064
Sulastry, T., Rais, N. A., & Herawati, N. (2023). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada materi asam basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 142–151. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.28787
Mairoza, Y. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV SDN 04 IX KOTO. Jurnal Sakinah, 4(2), 46–51. https://doi.org/https://doi.org/10.2564/jurnal%20sakinah%20:%20journal%20of%20islamic%20and%20social%20studies.v4i2.119