Main Article Content

Ila Ariska
Tita Tanjung Sari
Nisfil Maghfiroh Meita

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran make a match dengan media bonkar pasang untuk meningkatkan keterampilan bertanya pada siswa kelas V SDN Babbalan pada tema 9 benda-benda disekitar. Jenis pelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus dalam satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes keterampilan bertanya. Teknik analisis data observasi yang terdiri dari a. Lembar observasi kemampuan guru daam meningkatkan keterampilan bertanya siswa b. Lembar observasi profile keterampilan bertanya siswa. Indikator keberhasilan nilai rata-rata hasil keterampilan bertanya meningkat dan dinyatakan berhasil yang telah ditetapkan SDN Babbalan. Peningkatan keterampilan bertanya pada siklus I dikategorikan sedang dengan niai 64,28% menjadi kategori tinggi pada akhir siklus sebesar 92,85%. Pada siklus II siswa sangat antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar serta dalam berkelompok. Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penilain pada sintaks guru dan siswa yang sebesar 66,66% sintaks guru dan 72,22% sintaks siswa.

Article Details