ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan literasi siswa kelas IV SD Gulang dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa lembar wawancara dan observasi. Instrument observasi penelitian menggunakan angket, yang terdapat 5 soal Bahasa Indonesia berbentuk pilihan ganda, kemudian peneliti melakukan kegiatan analisis pada lembar hasil jawaban siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan literasi siswa kelas IV SD Gulang relative rendah hal tersebut dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada indikator pemahaman dalam memahami teks diperoleh hasil skor 20 pada 3 siswa dan skor 0 pada 7 siswa, indikator kemampuan membaca diperoleh hasil skor 20 pada 7 siswa dan skor 0 pada 3 siswa, kemudian pada indikator kemampuan menemukan informasi diperoleh hasil skor 20 pada 2 siswa dan skor 0 pada 7 siswa, selanjutnya pada indikator kemampuan dalam berfikir kritis diperoleh hasil skor 20 pada 2 siswa dan hasil skor 0 pada 7 siswa. Dengan adanya data tersebut diketahui bahwa kemampuan literasi siswa kelas 4 SD Gulang dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia masih relatif rendah mengingat hasil skor dengan rata- rata rendah.
Article Details
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1 Maret 2017), 53–64.
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Atria Apriani, & Mujiburrahman. (2022). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Metode Scramble Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Jeringo Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Mandalika Literature, 3(1), 116–124. https://doi.org/10.36312/jml.v3i1.1005
Bania, A. S., & , I. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kota Langsa. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 51–56. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2806
Dachlan 2018, & :1. (2014). Analisis Kemmapuan Siswa Menentukan Kalimat Utama Dlama Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 22–31.
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA terintegrasi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1958–1967. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1136%0Ahttps://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/1136/628
Ermiana, I., Umar, Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sd Inklusif Dalam Memecahkan Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 04(6), 895–905. https://www.bing.com/ck/a?!&&p=cdf0ad54d06e4f8bJmltdHM9MTcwMjk0NDAwMCZpZ3VpZD0xOTFjZGMxZC00YmRjLTZiOTQtM2FkOC1jZmM0NGE4YTZhZWImaW5zaWQ9NTE3OA&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=191cdc1d-4bdc-6b94-3ad8-cfc44a8a6aeb&psq=ida+ermiana+kemampuan+literasi+numerasi+siswa+sd
Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, 74–79.
Farrahatni, F., Fahri, M., & Hamdani, I. (2022). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD N Semanan 04 Pagi. Pendidikan Tambusai, 6, 10242–10249.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Irmawati, F., & Ilmah, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5 SDN Saptorenggo 3 Kabupaten Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4917–4921. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1083
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 8(2), 441–448.
Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851
Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143–164. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606
Oktafiani, E. N., & Irawan, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menemukan Informasi Penting Dari Sebuah Bacaan Paragraf. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 190–196. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.565
Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7494
Rini, C. P., Dwi Hartantri, S., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 166–179. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15320
Sari, A. P. (2023). Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 84–97. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870
Setya, D., & Purnomo, H. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas 5 Sd Negeri Tamansari 1. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 216–227.
Yuliana, M., Ahmad, J., & Hidayati, Y. M. (2022). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 154–160. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.216

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.