Main Article Content

Ainul Luqman Lubis
Ngurah Ayu Nyoman Murniati
Ranto Netty Sofiaty

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model cooperative learning yang dilaksanakan di SD 02 Supriyadi Semarang dengan jumlah 25 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan agar bisa membuat peningkatan dalam aktivitas peserta didik untuk aktivitas pembelajaran yang dilakukan dikelas. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Teknik dalamĀ  pengumpulan data supaya mendapatkan nilai yang sesuai dengan melakukan Teknik observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar kelompok dengan menerapkan model Cooperative Learning dibandingkan dengan metode yang lain. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan model Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat SD. Implikasi dari penelitian ini ialah pentingnya penggunaan dalam melakukan pendekatan proses pembelajaran yang berbasis kerjasama untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tingkat dasar di SD Supriyadi 02 Semarang

Article Details

References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur-Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Etin Solihatin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran . Bandung : Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya.
Puji Santosa, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahmawati I, Syahrilfuddin, Noviana E. (2016). The implementation of project based learning Model on improving mathematics learning outcomes Of the fifth grade students at 018 primary school Sungai keranji. Universitas Riau. Hal 1-10.