MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS I SD SUPRIYADI 02 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model cooperative learning yang dilaksanakan di SD 02 Supriyadi Semarang dengan jumlah 25 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan agar bisa membuat peningkatan dalam aktivitas peserta didik untuk aktivitas pembelajaran yang dilakukan dikelas. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Teknik dalamĀ pengumpulan data supaya mendapatkan nilai yang sesuai dengan melakukan Teknik observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar kelompok dengan menerapkan model Cooperative Learning dibandingkan dengan metode yang lain. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan model Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat SD. Implikasi dari penelitian ini ialah pentingnya penggunaan dalam melakukan pendekatan proses pembelajaran yang berbasis kerjasama untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tingkat dasar di SD Supriyadi 02 Semarang
Article Details
Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Etin Solihatin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran . Bandung : Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya.
Puji Santosa, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahmawati I, Syahrilfuddin, Noviana E. (2016). The implementation of project based learning Model on improving mathematics learning outcomes Of the fifth grade students at 018 primary school Sungai keranji. Universitas Riau. Hal 1-10.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.