ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK ASESMEN FORMATIF PADA KELAS 5 SD NEGERI PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses asesmen formatif. Pemanfaatan media interaktif berbasis teknologi, seperti Quizizz dan Wordwall, telah menjadi alternatif yang menarik dalam melaksanakan asesmen formatif yang lebih dinamis dan berorientasi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media interaktif berbasis teknologi untuk asesmen formatif pada kelas 5 SD Negeri Pepelegi 2 Waru Sidoarjo, dengan fokus pada dampaknya terhadap pembelajaran siswa dan tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara dengan guru kelas 5 SD Negeri Pepelegi 2 Waru Sidoarjo. Data yang terkumpul dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola dalam pemanfaatan media interaktif untuk asesmen formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media interaktif berbasis teknologi, seperti Quizizz dan Wordwall, telah memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, beberapa tantangan dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan media interaktif ini, termasuk ketersediaan sumber daya dan pelatihan yang memadai.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.