PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN PANDEANLAMPER 03 KOTA SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas II A SDN Pandeanlamper 04 Semarang melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek yang digunakan adalah kelas II A yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II berdasarkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas II A SDN Pandeanlamper 03 Semarang, Dimana rata-rata persentase hasil belajar peserta didik pada siklus 1 adalah 81% kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase hasil belajar peserta didik 93% dengan kategori sangat baik.
Article Details
Novellita, Nevi & Darmansyah. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV Sekolah Dasar. Didektik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol 08 No. 02 (ISSN Cetak: 2477-5673, Online 2614-722X). Hal 1538-1550
Asriningtyas, Anastasia Nandhita, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Beljar Matematika Peserta didik Kelas 4 SD. JKPM. Vol 5 No 1 (e ISSN: 2549-8401 p ISSN: 2339-2444. Hal 23-32
Wijayanti, Sri, dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Supriyadi Kota Semarang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan. Vol 12 No. 2 (p ISSN: 1978-936X e ISSN: 2528-0562. Hal 128-137
Lestari, Devi Ariyanti, dkk. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Kelas II dengan Menggunakan Model Problem Based Learning SDN Gayamsari 02 Semarang.
Khotob, Aahro Aurellia Eka & Arina Restian. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Analisis Data Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Kelas I pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 08 No 01 (ISSN Cetak: 2477-2143; ISSN Online: 2548-6950). Hal 3336-3345
Falentin, Tria Agil, dkk. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas 1 SD Tanjungsari 02 Kota Blitar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 08 No 01 (ISSN Cetak: 2477-2143; ISSN Online: 2548-6950). Hal: 2677-2686
Pamungkas, W.A.D & Henny Dewi Koeswanti. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol. 4 No. 3 (e-ISSN: 2621-5705; p-ISSN: 2621-5713). Hal. 146-354
Awe, E. Y & Kristina Benge. ( ). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Peserta didik SD. Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (4). Hal. 231-237
Kristiyanto, Dedi. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Jurnal Mimbar Ilmu. Vol. 25 No. 1 (P-ISSN: 1829-877X; E-ISSN: 2685-9033. Hal. 1-10

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.