Main Article Content

Ismail Ainul Khufi
Nur Asia Jamil
Shafira Rizki Astiza
Siti Nuriatim Ummu Kulsum
Wahyu Idayanti
Wiwit Kurniawan
Wulan Suryadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi Hak dan kewajiban anak di SDN BATUAN I khususnya di kelas V, Dimana Hak dan Kewajiaban adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain, ketika seseorang dapat memenuhi kewajibannya maka hak seseorang tersebut dapat terpenuhi pula begitupun sebaliknya seseorang dapat kehilangan Haknya apa bila Kewajibannya tidak terpenuhi atau tidak dipenuhi seseorang tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi langsung ke sekolah di SDN BATUAN I, validasi data menggunakang teknik pengumpulan data, metode penelitian ini menggunakan teknik interaktif metode ini digunakan untukmembandingkan data yang
diperoleh melalui wawancara dan observasi dan Laporan observasi ini bertujuan menginformasikan pada pembaca penerapan dari hak dan kewajiban secara langsung di lapangan yaitu di lingkungan sekolah dasar, bagaimana peserta didik maupun guru dapat menerapkan Hak dan Kewajibannya, bagaimana guru mendorong siswa untuk dapat memahami dan mengaplikasikan Hak dan Kewajibannya, serta usaha-usaha yang tenaga pendidik berikan agar siswa dapat melakukan Kewajibannya dengan bersungguh-sungguh seperti piket kelas, pekerjaan atau tugas yang di berikan tenaga pendidik baik di sekolah ataupun pekerjaan rumah PR dan hukuman atau sanksi apa yang tenaga pendidik berikan bagi siswa yang tidak melakukan kewajibannya seperti mendapat teguran atau surat panggilan untuk wali siswa, serta Hak hak yang dapat peserta didik dapatkan seperti mendapat pelajaran sesuai jam yang di tentukan atau pun sarana dan prasarana yang peserta didik dapat.

Article Details