IMPLEMENTASI HAK PESERTA DIDIK DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SDN BATUAN I
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi Hak dan kewajiban anak di SDN BATUAN I khususnya di kelas V, Dimana Hak dan Kewajiaban adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain, ketika seseorang dapat memenuhi kewajibannya maka hak seseorang tersebut dapat terpenuhi pula begitupun sebaliknya seseorang dapat kehilangan Haknya apa bila Kewajibannya tidak terpenuhi atau tidak dipenuhi seseorang tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi langsung ke sekolah di SDN BATUAN I, validasi data menggunakang teknik pengumpulan data, metode penelitian ini menggunakan teknik interaktif metode ini digunakan untukmembandingkan data yang
diperoleh melalui wawancara dan observasi dan Laporan observasi ini bertujuan menginformasikan pada pembaca penerapan dari hak dan kewajiban secara langsung di lapangan yaitu di lingkungan sekolah dasar, bagaimana peserta didik maupun guru dapat menerapkan Hak dan Kewajibannya, bagaimana guru mendorong siswa untuk dapat memahami dan mengaplikasikan Hak dan Kewajibannya, serta usaha-usaha yang tenaga pendidik berikan agar siswa dapat melakukan Kewajibannya dengan bersungguh-sungguh seperti piket kelas, pekerjaan atau tugas yang di berikan tenaga pendidik baik di sekolah ataupun pekerjaan rumah PR dan hukuman atau sanksi apa yang tenaga pendidik berikan bagi siswa yang tidak melakukan kewajibannya seperti mendapat teguran atau surat panggilan untuk wali siswa, serta Hak hak yang dapat peserta didik dapatkan seperti mendapat pelajaran sesuai jam yang di tentukan atau pun sarana dan prasarana yang peserta didik dapat.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.