Main Article Content

Anis Jannatul Firdausi Riadi
Efi Ika Febriandari
Angga Setiawan

Abstract

Di zaman era milenial ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor penunjang lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa berupa penggunaan aplikasi game pada smartphone. Pemakaian game yang berlebihan sering menjadi penghambat perolehan hasil belajar yang setinggi-tingginya sesuai dengan yang diharapkan semua pihak termasuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan aplikasi game pada smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa prodi PGSD STKIP PGRI Trenggalek, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen atau Ex-postfacto. Objek dalam penelitian ini sebanyak 64 mahasiswa dari seluruh total semester yang ada di prodi PGSD STKIP PGRI Trenggalek. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket melalui google form dan dokumentasi. Angket melalui google form digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi game pada smartphone (variabel bebas). sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa (variabel terikat). Setelah data terkumpul, dianalisis dengan uji hipotesis regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penelitian tersebut.


Hasil dari analisis data diketahui bahwa adanya pengaruh yang cukup signifikan dengan hasil r hitung = 7,774 dan dikonsultasikan dengan nilai t tabel = 1,699 dengan taraf kepercayaan 95%. Sedangkan besar pengaruh variabel X (penggunaan aplikasi game pada smartphone) terhadap variabel Y (hasil belajar) sebesar 49,4%. Dengan hasil tersebut, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh penggunaan aplikasi game pada smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa prodi PGSD STKIP PGRI Trenggalek.

Article Details