PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GAME PADA SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PGSD STKIP PGRI TRENGGALEK
Main Article Content
Abstract
Di zaman era milenial ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu faktor penunjang lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa berupa penggunaan aplikasi game pada smartphone. Pemakaian game yang berlebihan sering menjadi penghambat perolehan hasil belajar yang setinggi-tingginya sesuai dengan yang diharapkan semua pihak termasuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan aplikasi game pada smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa prodi PGSD STKIP PGRI Trenggalek, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen atau Ex-postfacto. Objek dalam penelitian ini sebanyak 64 mahasiswa dari seluruh total semester yang ada di prodi PGSD STKIP PGRI Trenggalek. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket melalui google form dan dokumentasi. Angket melalui google form digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi game pada smartphone (variabel bebas). sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa (variabel terikat). Setelah data terkumpul, dianalisis dengan uji hipotesis regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penelitian tersebut.
Hasil dari analisis data diketahui bahwa adanya pengaruh yang cukup signifikan dengan hasil r hitung = 7,774 dan dikonsultasikan dengan nilai t tabel = 1,699 dengan taraf kepercayaan 95%. Sedangkan besar pengaruh variabel X (penggunaan aplikasi game pada smartphone) terhadap variabel Y (hasil belajar) sebesar 49,4%. Dengan hasil tersebut, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh penggunaan aplikasi game pada smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa prodi PGSD STKIP PGRI Trenggalek.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.