Main Article Content

Fatimatus Zahroh
Habibi Habibi
Herowati Herowati

Abstract

Keterbatasan siswa tunarungu dalam proses pembelajaran membuat siswa kurang memahami pelajaran dengan baik sehingga diperlukannya media pembelajaran yang dapat membantu siswa tunarungu memahami materi pelajaran khususnya pembelajaran IPA. Salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran, yaitu video sains interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media, mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media video sains interaktif dan juga respon guru terhadap media yang dipergunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research & Developmet dengan memodifikasi model dari Sugiyono. Teknik pengumpulan data dari aspek kelayakan media diperoleh dari penilaian validator, aktivitas siswa diperoleh dari observasi pada saat produk di implementasikan, dan aspek respon guru dari angket. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) aspek kelayakan media dari penilaian validator ialah dari dosen IPA sebesar 94,23% kategori sangat baik dan guru IPA SLB sebesar 92,30% kategori sangat baik dan layak untuk digunakan; (2) aktivitas siswa tunarungu dalam penggunaan media video sains interaktif dengan persentase 82,9% kategori baik, aktivitas tertinggi siswa ialah mengerjakan soal dengan persentase 100% dan menurun pada aspek menyimpulkan dengan persentase 93,33%; dan (3) respon guru terhadap video sains interaktif dengan persentase 90% kategori sangat baik.

Article Details

References
Abdullah, Nandiah. 2013.Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra No. 86 Th. XXV .ISSN 0215-9511
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryoko, Sapto. 2009. Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi. Volume 5.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.2009. Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. Jakarta.
Musfiqoh. 2012. Pengembangan Media dan sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Pustaka.
Pariatin, Yeni. 2014. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Penyandang Tunarungu Berbasis Multimedia. Jurnal Issn. Volume 11. No 1
Permana Shiddiq Mohammad, 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis multimedia. ISSN. Vol. 1. No. 1.
Santrock, John. 2010. Psikologi Pendidikan. Edidi ke 2. Diterjemahkan oleh: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Septriani, Nicke. 2014. Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Smp Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3. No.3. hal 17-21.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta,Cv.
Sukiman. 2008. Teori Pembelajaran Dalam Pandangan Konstruktivisme dan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.1.No.3.
Sulastri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Metode Komunikasi Total Bagi Anak Tunarungu Kelas Ii Di Slb Kartini Batam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Volume 1. No 2.
Slavin, E. Robert. 2011 .Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik. Edisi Ke Sembilan, Jilid Satu. Jakarta: Pt Indeks.