Main Article Content

Rudi Haryadi
Agni Yusifa

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pentingnya psikologi dalam pembelajaran fisika dan menguji apakah metode hypnoteaching dapat membantu siswa agar lebih mudah dalam menghadapi pembelajaran terkhusus fisika. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau penelitian kepustakaan dengan mengambil sumber bacaan dari data sekunder yang dikumpulkan melalui buku, jurnal ilmiah, artikel dan sumber-sumber lain yang relevan dengan masalah penelitian. Jenis penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikologi belajar amat penting bagi setiap orang, akan sangat terasa betapa pentingnya pengetahuan tentang psikologi belajar itu, apabila seorang guru diserahi tanggung jawab seorang pemimpin, baik seorang pemimpin perkumpulan keagamaan, perkumpulan olah raga, kesenian, sekolah, dan sebagainya. Salah satu pelajaran yang siswa banyak mengalami kesulitan yaitu pada pelajaran fisika. Hypnoteaching mudah diterapkan oleh semua guru karena tidak perlu menggunakan alat bantu apapaun dalam melakukan metode ini sehingga sangat cocok untuk digunakan di seluruh pelosok sekolah Indonesia. Selain itu, metode hypnoteaching merupakan metode yang menggunakan teknik komunikasi yang persuasif dan sugestif dengan tujuan agar peserta didik mudah memahami materi pelajaran.

Article Details