BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan bahasa Indonesia sebagai penguatan karakter tanggung jawab siswa di salah satu sekolah dasar yang ada di kabupaten Sumenep. Dari hasil penelitian yang di lakukan bahwa bahasa Indonesia adalah salah satu cara siswa untuk melakukan komunikasi atau bahkan untuk melakukan tanggung jawab siswa atau sebagai pelajar. Bahasa Indonesia diterapkan untuk penguatan karakter tanggung siswa, bahasa Indonesia juga di perlukan agar siswa-siswi bisa mencerminkan atau mengambarkan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional. Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik observasi ekspriment atau juga dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut adalah guru ataupun sekolah telah menerapkan bahasa Indonesia sebagai penguatan karakterr tanggung jawab siswa. Salah satu karakter yang ditemui di salah satu sekolah dasar adalah karakter tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa. Dalam menguatkan karakter siswa harus menggunakan bahasa yang baik, benar dan sopan agar terbentuk karakter siswa sebagai karakter yang bertanggung jawab.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.