ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING KELAS 2 SDN 2 CIBADAK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep perkalian siswa pada pembelajaran matematika berbasis daring. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi hasil nilai pengetahuan siswa untuk meilhat kemampuan pengetahuan siswa mengenai pemahaman konsep perkalian matematika. Subjek penelitian menggunakan Quota Sampling untuk pemilihan subjek dalam penulisan ini, karena subjek yang diteliti yaitu kelompok yang telah ditetapkan sesuai dengan kuota kelas yaitu kelas 2A sekolah dasar dan tidak meneliti banyak subjek untuk diteliti karena keterbatasan waktu penulisan. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa terhadap matematika dengan menggunakan daring kurang efektif dan sulit dipahami oleh siswa kelas IIA karena pembelajaran matematika harus secara langsung dan nyata. Pembelajaran daring ini memerlukan bahan yang cukup banyak seperti jaringan internet harus kuat, memiliki kuota yang cukup, dan handphone android. Siswa yang memahami pemahaman konsep matematika melalui daring hanya 10 siswa yang menguasai pemahaman konsep perkalian dan sisanya masih kurang memahami.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.