Main Article Content

Desyana Putri Rahmadani
Anita Trisiana
Anggit Grahito Wicaksono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis kemandirian belajar peserta didik kelas II SD selama Belajar Dari Rumah (BDR) di Desa Jatiwarno. 2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik kelas II Sd selama Belajar Dari Rumah (BDR) di Desa Jatiwarno. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kemandirian belajar peserta didik selama Belajar dari Rumah (BDR) pada 3 peserta didik memiliki kemandirian belajar yang baik, mengikuti Belajar dari Rumah (BDR) dengan seruis, memilki rasa percaya diri dan disiplin, mereka juga belajar menggunakan inisiatif sendiri dan mampu mengotrol diri. Sedangkan pada 2 peserta didik kemandirian belajar belum terbentuk, mereka masih bergantung kepada orang tua saat Belajar Dari Rumah (BDR). 2) Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik selama Belajar Dari Rumah (BDR) meliputi: (1) Faktor internal Merupakan faktor dari dalam diri peserta didik itu sendiri berupa percaya diri, intelegensia, konsep diri yang membentuk diri peserta didik tersebut. (2) Faktor eksternal. Merupakan faktor yang mempengaruhi peserta didik dari lingkungan sekitarnya, meliputi: (a) Pola asuh orang tua. (b) Pembelajaran yang disampaikan oleh guru. (c) Sistem kehidupan masyarakat.

Article Details

References
Aisah, S. 2018. Analisis Kemandirian Belajar Suswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 3SDN 3 Sintang. Pontianak. Ar- Razi Jurnal. Vol 6, 7
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta. CV Pustaka Ilmu.
Hidayat, I. 2017. Upaya Guru Dalam Membentuk Kemandirian Siswa. Purwokerto. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 25, 4.
Laksmiwati. 2019. Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta. Jurnal Karya Ilmiah Guru.Vol 5, 1
Majid, A. 2018. Membentuk Karakter dan Kemandirian Belajar Siswa Selama Pandemi. Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 12, 5
Maksum, A., & Lestari, I. 2020. Analisis Profil Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jakarta. Jurnal Parameter. Vol 32, 1
Mudjiman. 2019. Kemandirian Belajar Siswa Ditengah Pandemi. Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 15, 1.
Mulyawati, Y., & Christine, C. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Bogor. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. E-ISSN: 2623-0232. P- ISSN: 2623-0941. Vol 2, 1.
Mustadi, A. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar.Yogyakarta. UNY Press.
Pratiwi, A. 2020. Gambaran Penggunaan Masker di Masa Pandemi COVID-19 Pada Masyarakat di Kabupaten Muna. Kendari. Prosiding Seminar Problematika Sosial Pandemi COVID-19. ISBN: 978-602-5722-33-2. Vol 1,1.
Rusman, K. 2018. Aspek-aspek Pembentukan Kemandirian Belajar Siswa. Malang. Jurnal Bimbingan Pendidikan. Vol 3,1.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan.
Tasaik, H., & Tuasikal, P. 2018. Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik. P- ISSN: 1907-6967. E-ISSN: 2528-5653.Vol 14, 1
Uzun, W. 2019. Kreatifitas dan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Online. Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan.