Main Article Content

Habibah Asy Syarifah
Lutfiana Fazat Azizah
Nisfil Maghfiroh Meita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII-Unggulan MTs Sumber Payung dengan penerapan Card sort melalui Active Learning. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. masing-masing siklus dengan dua pertemuan. Siklus penelitian diadopsi dari Kemmis dan MC Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi keaktifandianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian munujukkan data sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan pembelajaran meningkat setiap siklusnya dengan persentase pada siklus I91,33% dan siklus II 93,88% dengan kategori sangat sesuai RPP/Sangat baik; 2) Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dengan persentase siklus I 58% dan siklus II 66,5% dengan kategori keaktifan sedang.

Article Details

References
Ambarini, Ninik, dkk. 2013. BIO- PEDAGOGI: Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort Disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 5Surakarta. Volume II: 77-87.
Arif, Moh. 2015. Menciptakan Budaya Belajar Efektif dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (StudiKasus Di MI Bustanul Ulum Brudu Jombang). (Online), Volume 5 No 1. (http://ejournal.unhasy.ac.id), Diakses 25 oktober 2016).
Azizah, Anindita Rahma. 2014. Penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Sendangsari. Skripsi. Yogyakarta: Program PascasarjanaUniversitas Negeri Yogyakarta.
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.
Effendi, Mukhlison. 2013. Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet- Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Ponorogo. (Online), Volume 7 No 2 (http://journal.walisongo.ac. id), diakses 25 Oktober 2016).
Husna, Hanna Nurul. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran IPA Terpadu- Model Webbed dengan Tema: Gunung Berapi. (Online) (http://portal.fi.itb.ac.id), Diakses 22 oktober 2016).
Ikaningtyas, Azizah Ayu. Santoso, Sigit, Sohidin. 2015. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Akuntansi melalui Penerapan Model Active Learnig Tipe Quiz Team pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 04 Andong Tahun Ajaran 2014/2015. UNS. Volume 1, No 1.
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Rahayu. Mulyani, Sri. Miswadi. 2012. JPPII 1. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. (Online), (http://journal.unnes.ac.id), Diakses 22 oktober 2016).
Silberman, Melvin L. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Terjemahan Yovita Hardiwati. Jakarta Barat: PT Indeks.
Suharta, dkk. 2013. Penerapan Model Learning Cycle Materi Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Online). Volume 2, Nomor 9 (http://ejournal.unesa.ac.id/a rticle/4763/30/article.pdf), Diakses pada tanggal 19 desember 2016)
Susilo, Herawati. Chotimah, Husnul. Sari, Yuyun Dwita. 2008. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publishing.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ- Progresif. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.