Main Article Content

Elok Faiqoh
Jefri Nur Hidayat
Raden Firman Nurbudi Prijambodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap literasi sains siswa MI At-Taufiqiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan rumus persen keterlaksanaan pada target guru dan siswa sebesar 81% dan 74% dan hasil rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada tiap tahap meliputi tahap pendahuluan sebesar 69%, inti sebesar 80%, dan penutup sebesar 80% berkategori baik. Hasil literasi sains siswa yang diperoleh dari pengisisan pretest posttest uraian dianalisis menggunakan uji t secara statistik menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai gainscore literasi sains siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi TTW dan pembelajaran secara konvensional, dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran adalah berkategori baik dan tidak terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap literasi sains siswa.

Article Details

References
Afriyani, Arina Dwi Nur, dkk. 2014. Keefektifan Pembelajaran TTW Dan SGW Berbantuan Kartu Soal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 3 (1); 01-07
Habibi. 2013b. Pengantar Teori Belajar. Sumenep: Unija Press
Nirmala, Dwi Cahya. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Putri, Neka Amelia, dkk. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 (3); 11-16.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Saputra, Hery. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write. Sains Riset. Vol 3 (1); 01-05
Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori Dan Praktik. Jakarta: PT Indeks
Trianto. 2010. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Pogresif: Konsep, landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Tiyansyah, Achmad Fandir, dkk. 2013. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA N 01 Bululawang. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Vol 2, No 1
Wahidah, Imama dan Yuwono, Ipung. 2013. Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS). Library.um.ac.id
Wasis. 2013b. Merenungkan Kembali Hasil Pembelajaran Sains. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III
Wattimena, Herman S. 2010. Rangkuman Perkembangan Pendidikan Ipa Literasi Sains Program Studi Pendidikan Ipa Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Wiadnyana, I Wayan Puspa. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKN Siswa. Skripsi. Bali: Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Yamin, M. & Ansari, Bansu I. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers
Zulfa, Alniyatul. 2011. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Dan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas XI IPA MA Al-Huda Temanggung. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Program sarjana Universitas Pendidikan Indonesia