Main Article Content

Fahrinnisak Fahrinnisak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran POE pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa; (2) Apakah penerapan model pembelajaran POE pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa; (3) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran POE; (4) Bagaimanakah respon belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran POE. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pangarangan III Sumenep. Subjek penelitian ini adalah kelas V (lima) dengan jumlah siswa 15 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain :observasi, tes, dan mengisi angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I 1,68 menjadi 75,33 pada siklus II. Keterlaksanaan guru pada siklus I 60,3 % dengan kategori sedang menjadi 81,5 % dengan kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan keterlaksanaan siswa yaitu pada siklus I 70,15% dengan kategori sedang menjadi 82,05% dengan kategori tinggi pada siklus II. Nilai rata-rata respon siswa pada siklus I 76,67% menjadi 90,67% dengan kategori sangat baik.

Article Details

References
Anggraeni. 2009. pengaruh penggunaan jurnal belajar (learning journal) Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Skripsi: UPI Bandung.
Daryanto dan Rahardjo, Muldjo. 2012. Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Fajariyah. 2011. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII MTs NU Bukabu Ambunten. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Komalasari, Kokom.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT.Refika.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi & kemampuan awal dalam pembelajaran. Jakarta. Delia Press
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar.Jakarta: PT. Raja Gravindo
Sahriz, indry meriyana. 2002. Penerapan Model Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Tipe NHT Pada Mata Pelajaran Teknik Bangunan Swasta Kelas VII SMKN 1 Kalianget Sumenep. Surabaya. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
Sumirat, Fany. 2012. Efektifitas Model Predict, Observe, Explain untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memfasilitasi Perubahan Konseptual Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Susilo, Herawati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru Dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Wahyu N. 2011.Penerapan Model POE (Predict. Observe, Explain) untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Karangbesuki 4 Malang. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Yulianti. 2012. Penerapan Model POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Subkonsep Pencemaran Air. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.