Main Article Content

Nor Laili Fatmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Integrated English untuk mahasiswa semester empat Sastra Inggris IAIN Surakarta. Integrated English adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Sastra Inggris yang diberikan untuk membimbing mahasiswa dalam mengaplikasikan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris yang telah diajarkan kepada mereka di semester-semester sebelumnya. Pada Mata Kuliah ini, para mahasiswa diberi dua proyek untuk diselesaikan dengan tim mereka selama satu semester. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan data yang diambil peneliti lewat silabus mata kuliah, jurnal mengajar, observasi kelas, jurnal mahasiswa dan wawancara. Penelitian pada proses belajar mengajar ini mengungkapkan adanya peningkatan perilaku belajar positif mahasiswa setelah mengikuti pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Sebagian besar mahasiswa merasa bahwa proyek yang mereka kerjakan benar-benar bermakna dan memperkaya pengalaman positif mereka dalam mempraktekkan kemampuan berbahasa Inggris.

Article Details

References
Barron, K. and Darling-Hammond. 2008. Project Based Learning Implementation. New York: MCGawhill.
Bell, S. 2010. Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83(2), 39-43.
Bitter, C., Taylor, J., Zeise, K., & Rickles, J. 2014. Providing Opportunities for Deeper Learning. Washington, DC: American Institutes for Research.
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. 1991. Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning. Educational psychologist, 26 (3-4), 369-398.
Chiang, Chin-Ling and Lee, H. 2016. The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9): 709-712.
English, M. C., & Kitsantas, A. 2013. Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 7(2), 67-70.
Hamurcu, H. 2003. Project Based Approach to Teaching Science in Preschool Education. Eurasian Journal of Educational Researcher, 13, 66-72.
Maher, Damian and Yoo, Joanne. 2017. Project based learning in the primaryschool classroom.Accessedfromhttps://www.researchgate.net/publication/314281465_Project_based_learning_in_the_primary_school_classroom, 20th of July 2018.
Tamim, S. R., & Grant, M. M. 2013. Definitions and Uses: Case Study of Teachers Implementing Project-based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 7 (2), 72-101.
Thomas, H, W. Mergendoller, J. R. Michaleson, A. 2000. Projects Based Learning: A Handbook for Middle and High School Teachers. Navato. CA: The Buck Institute for Education.
Wekesa, Noah Wafula and Ongunya, Raphael Odhiambo. 2016. Project Based Learning on Students’ performance in the Concept of Classification of Organisms among Secondary Schools in Kenya. Journal of Education and Practice, 7 (16): 25-31.