Main Article Content

Nor Imamatul Asyiyah
Ida Ekawati
Lutfiana Fazat Azizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode bermain dengan plastisin dalam meningkatkan motivasi dan kerjasama siswa dalam pelajaran IPA di MI At-Taufiqiyah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di MI At-Taufiqiyah kelas Vdengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 2 x 35 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain plastisin dapat meningkatkan motivasi dan kerjasama pada siswa kelas V MI At-Taufiqiyah desa Aengbajaraja Kecamatan Bluto kabupaten sumenep. Pada siklus I pengukuran motivasi menggunakan angket mencapai 69,74% dan meningkat menjadi 82,84% diakhir siklus II. Sedangkan untuk hasil Kerjasama pada siklus I dari 31 siswa hanya 19 siswa (61,29%) yang bekerjasama dengan baik dan meningkat pada siklus II menjadi 26 siswa (83,87%).

Article Details

References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian TindakanKelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dynna, W. 2013. Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2 (3): 218-225
Fadlillah, M.2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Fauziah.2014. Melalui Permainan Gambar Dapat Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Bahasa Inggris Materi Things Around us Siswa Kelas VII SMP negeri I Darul Kamal Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Serambi PTK. 1(1):8.
Hamdu G dan Lisa. 2011. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ipa disekolah dasar.jurnal penelitian pendidikan. 12 (1):81-86
Harnes N, PA.2013.Penerapan bimbingan kelompok dengan tekhnik diskusi kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D smp negeri 1 ngariboyo.Jurnal BK unesa. 3(1): 3
Joni.2006. Orientasi Baru Pendidikan Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal pendidikan luar sekolah 3(1): 29-38.
Moeslichatoen. 2004. Metode Penagajaran Di Tman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Sugianti, Fitriana. 2012. Pengaruh Kegiatan Bermain Terhadap Motivasi Belajar Anak Pada TK Aisyiyah Bustahul Athfal Karangasem Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi
Sugiyanto. 2013. Karakteristik anak usia SD. (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Karakteristik% 20Siswa%20SD.pdf . diakses 12 maret 2015).
Sunnah, Buwonu.S,Ulianti.E. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Penelitian .1(5): 5-8.