MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KERJA SAMA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DENGAN PLASTISIN DI MI AT-TAUFIQIYAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode bermain dengan plastisin dalam meningkatkan motivasi dan kerjasama siswa dalam pelajaran IPA di MI At-Taufiqiyah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di MI At-Taufiqiyah kelas Vdengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 2 x 35 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain plastisin dapat meningkatkan motivasi dan kerjasama pada siswa kelas V MI At-Taufiqiyah desa Aengbajaraja Kecamatan Bluto kabupaten sumenep. Pada siklus I pengukuran motivasi menggunakan angket mencapai 69,74% dan meningkat menjadi 82,84% diakhir siklus II. Sedangkan untuk hasil Kerjasama pada siklus I dari 31 siswa hanya 19 siswa (61,29%) yang bekerjasama dengan baik dan meningkat pada siklus II menjadi 26 siswa (83,87%).
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian TindakanKelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dynna, W. 2013. Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2 (3): 218-225
Fadlillah, M.2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Fauziah.2014. Melalui Permainan Gambar Dapat Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Bahasa Inggris Materi Things Around us Siswa Kelas VII SMP negeri I Darul Kamal Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Serambi PTK. 1(1):8.
Hamdu G dan Lisa. 2011. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ipa disekolah dasar.jurnal penelitian pendidikan. 12 (1):81-86
Harnes N, PA.2013.Penerapan bimbingan kelompok dengan tekhnik diskusi kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D smp negeri 1 ngariboyo.Jurnal BK unesa. 3(1): 3
Joni.2006. Orientasi Baru Pendidikan Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal pendidikan luar sekolah 3(1): 29-38.
Moeslichatoen. 2004. Metode Penagajaran Di Tman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Sugianti, Fitriana. 2012. Pengaruh Kegiatan Bermain Terhadap Motivasi Belajar Anak Pada TK Aisyiyah Bustahul Athfal Karangasem Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi
Sugiyanto. 2013. Karakteristik anak usia SD. (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Karakteristik% 20Siswa%20SD.pdf . diakses 12 maret 2015).
Sunnah, Buwonu.S,Ulianti.E. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Penelitian .1(5): 5-8.
Dynna, W. 2013. Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2 (3): 218-225
Fadlillah, M.2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Fauziah.2014. Melalui Permainan Gambar Dapat Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Bahasa Inggris Materi Things Around us Siswa Kelas VII SMP negeri I Darul Kamal Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Serambi PTK. 1(1):8.
Hamdu G dan Lisa. 2011. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ipa disekolah dasar.jurnal penelitian pendidikan. 12 (1):81-86
Harnes N, PA.2013.Penerapan bimbingan kelompok dengan tekhnik diskusi kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D smp negeri 1 ngariboyo.Jurnal BK unesa. 3(1): 3
Joni.2006. Orientasi Baru Pendidikan Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal pendidikan luar sekolah 3(1): 29-38.
Moeslichatoen. 2004. Metode Penagajaran Di Tman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Sugianti, Fitriana. 2012. Pengaruh Kegiatan Bermain Terhadap Motivasi Belajar Anak Pada TK Aisyiyah Bustahul Athfal Karangasem Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi
Sugiyanto. 2013. Karakteristik anak usia SD. (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Karakteristik% 20Siswa%20SD.pdf . diakses 12 maret 2015).
Sunnah, Buwonu.S,Ulianti.E. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Penelitian .1(5): 5-8.