Main Article Content

Siti Imaniyah
Jefri Nur Hidayat
Raden Firman Nurbudi Prijambodo

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode ceramah dengan media kartu bergambar dan tanpa media kartu bergambar. Jenis penelitian adalah quasi-eksperimen. Sampel penelitian di kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel data menggunakan cara purposive sampling. Cara mengambil data penelitian yaitu dengan tes obyektif dan observasi. Instrumen penelitian yaitu instrumen tes dan non tes. Data hasil belajar di analisis menggunakan uji t sampel bebas. NilaiĀ  rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 79,11%, sedangkan kelas kontrol sebesar 61,95% dengan nilai signifikansi 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan metode ceramah berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama memiliki persentase keterlaksanaan sebesar 89%.

Article Details

References
Arikunto suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakart:. PT. Bumi Aksara..
Dwi, K 2009. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Sains Siswa Melalui Implementasi Strategi Catatan Secara Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, volume 16 no 1, juni 2009.
Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. jakarta: Bumi Aksara.
Nurhayati. 2010. Penggunaan Media Gambar dan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII. Skripsi. Pekanbaru: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santrock, J, W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sujarweni, V Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaf, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran Cetakan keenam. Yogyakarta: Media Abadi.
Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: G.P Pess Group.